Menggunakan Tools VIRUS TOTAL Untuk Mengecek Keamanan File Exe

Menggunakan Tools VIRUS TOTAL Untuk Mengecek Keamanan File Exe
Masrinaldo - Saya membuat postingan ini karena beberapa hari lalu Device yang saya gunakan untuk Blogging terkena virus yang yang tertanam di aplikasi sistem. Karena sebelumnya berniat ingin install Game yang di sudah di download, tetapi ketika di install. File Exe tersebut ternyata disisipin virus yang menginstal beberapa software tanpa adanya akses permit. Dengan total software terinstall otomatis 3.

Dari Ketiga software tersebut, 1 diantaranya tidak bisa di hapus dari device dan tidak bisa uninstall. Setelah di install ulang dan bertanya ke rekan saya, dia melakukan pengecekan file tersebut menggunakan website Virus Total dengan hasil yang "Meragukan". Dengan nama software Antivirus Segurazo.

Sebagai tips dan berbagi pengalaman untuk sobat yang menginstall sofware, jika file tersebut meragukan seperti ukuran file tidak sesuai dari perkiraan sebenarnya dan sampai software belum pernah di install sebelumnya. Berikut Cara Menggunakan Virus Total untuk Mengecek Keamanan File Exe.

Memeriksa Keamanan File Exe Dengan Tools Virustotal.com

Menggunakan Tools VIRUS TOTAL Untuk Mengecek Keamanan File Exe 1
Tampilan Website Virus Total
Virustotal.com adalah sebuah website yang menyediakan tools Scanner secara online, baik itu memeriksa melalui url website dan sobat juga dapat mengunggah file yang akan di periksa tingkat keamanannya apakah benar-benar aman untuk digunakan.

Cara Menggunakan Tools Virus Total

  1. Buka website virustotal.com
  2. Terdapat 3 Tools yang memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melakukan scan atau memeriksa keamanan. Baik menggunakan file, URL/Alamat Website dan melalui IP/Domain. Gunakan salah satu saja, disini saya menggunakan File (Upload File).
  3. Klik Choose File dan pilih file yang akan di periksa keamanan nya.
  4. Klik Checking Hash untuk melanjutkan pemeriksaan
  5. Tunggu beberapa detik hingga menampilkan hasil laporan Checking

Menggunakan Tools VIRUS TOTAL Untuk Mengecek Keamanan File Exe 2
Software Segurazo Terdeteksi Virus
Gambar diatas adalah contoh hasil pemeriksaan dari Software Segurazo yang mendapatkan nilai merah untuk tingkat keamanan, yang terancam terdapat virus didalamnya.

Menggunakan Tools VIRUS TOTAL Untuk Mengecek Keamanan File Exe 3
Contoh File Aman Dari Virus
Contoh File Exe yang terhindari dari virus hasil dari scanning di Virus Total.

Penutup Tools Virus Total

Tools Virustotal gratis untuk menganalisa berkas (file) dan URL website dari virus, trojan, malware dan virus lainnya. Dimana virus total ini pernah menjadi Tools terbaik pada tahun 2007 yang di umumkan resmi oleh Google Inc.

Virustotal ini menampilkan dan memberikan laporan hasil scanning menggunakan lebih dari 50 antivirus yang selalu memperbaharui datanya secara resmi dari pengembang antivirus. Tools mengecek keamanan file, berkas, software dan URL ini terdapat 3 versi yaitu :
  1. Aplikasi Virustotal Untuk Smartphone Android
  2. Virustotal Untuk Media Browser (Plugin / Addons)
  3. Software Virustotal untuk Windows

Demikian artikel mengenai "Menggunakan Tools Virus Total Untuk Mengecek Keamanan File Exe" secara online untuk memeriksa keamanan berkas sebelum di install.

Artikel Terkait

0Comments

Previous Post Next Post