4 Cara Melihat IP Address Komputer dan Laptop TERLENGKAP

4 Cara Melihat IP Address Komputer, PC dan Laptop TERLENGKAP
IP merupakan singkatan dari Internet Protocol adalah sebuah alamat perangkat komputer, PC, Laptop dan sampai Smartphone Android jika terhubung ke dalam jaringan internet. IP Sendiri bisa digambar berupa susunan beberapa angka untuk membedakan satu perangkat dari perangkat lainnya atau bisa dikatakan setiap perangkat berbeda-beda IP (Internet Protocol).

Sobat juga perlu tahu kalau IP ini memiliki 2 jenis yang berbeda, yaitu IP Address sebagai tanda atau alamat dalam satu jaringan lokal yang bersifat tetap dan IP Address (Eksternal) untuk alamat dari koneksi internet milik sobat sendiri.

Untuk beberapa orang memiliki kepentingan tertentu untuk mengetahui IP Address yang dia gunakan, tetapi tidak sedikit orang juga tahu cara melihat ip address komputer yang dia gunakan.

Cara Melihat IP Komputer dan Laptop Lengkap

Ketika perangkat sobat terhubung internet. Sebenarnya sobat bisa melakukan pengecekan ip dengan browsing langsung di internet. Tetapi kurang lengkap kalau saya hanya memberikan tutorial perangkat yang sudah terhubung internet saja. Maka dari itu saya juga akan memberikan cara melihat ip komputer secara offline melalui fitur yang tersedia di perangkat komputer dan laptop.

1. Menggunakan Mesin Pencarian Untuk Melihat IP komputer dan Laptop

Hanya menggunakan mesin pencarian seperti Google dan Bing, sobat juga bisa melihat dan mencari alamat IP Address perangkat sobat. Karen mesin pencarian tidak hanya memberikan informasi data saja, tetapi juga bisa memberikan informasi dari perangkat yang sobat gunakan seperti IP Public.

Langkah-Langkah Melihat IP :

  • Buka mesin pencarian Bing atau Google
  • ketik di mesin pencarian tersebut "What is My IP" dan tekan enter atau icon kaca pembesar
  • Sobat akan mengetahui IP Address yang tampil di mesin pencarian seperti gambar di bawah
Sayangnya fitur ini sudah tidak bisa digunakan lagi, karena sudah saya melakukan cek ip address melalui mesin pencarian. Tetapi mesin pencarian tidak menampilkan IP Laptop.

2. Melihat IP Address Menggunakan CMD (Command Prompt)

Cara kedua ini mungkin akan lebih mudah, tetapi sobat perlu mencari IP Address dengan manual yang tergabung dengan angka-angka lainnya melalui program bawaan windows yaitu CMD (Command Prompt) untuk melihat IP Address Komputer.

Langkah-Langkah Menggunakan CMD untuk mencari IP :

  • Buka CMD (Command Prompt) dengan Menekan tombol Windows + R pada keyboard dan ketik CMD pada kolom yang tersedia, lalu tekan enter.
    4 Cara Melihat IP Address Komputer dan Laptop TERLENGKAP 1
    Windows + R
  • Ketik Ipconfig untuk memberikan perintah pada CMD dan tekan enter kembali untuk menampilkan informasi dan melihat IP Adrress pada komputer milik seobat beserta informasi perangkat lainnya.
  • Carilah IP komputer seperti gambar di bawah berikut :
    4 Cara Melihat IP Address Komputer dan Laptop TERLENGKAP 3
    Hasil Ipconfig di CMD
Sobat perlu mengetahui jaringan apa yang sedang aktif atau digunakan pada komputer dan laptop sobat seperti Ethernet Adapter, Local Area Connection, dan Wireless Network Connection jika terhubung dalam satu jaringan kemudian carilah IPv4 Address seperti gambar di atas. Dan IP (Internet Protocol) ini terdiri dari 3 atau 4 Kelompok yang di pisahkan dengan tanda titik (.) sebagai contoh : 192.168.2.2

3. Melalui Network Connections Untuk Melihat IP

Cara ketiga untuk melihat IP Address komputer adalah melalui Network Connection pada perangkat itu sendiri. Cara ini memang tergolong lebih mudah dan tidak ribet di bandingkan 2 cara di atas, tetapi untuk perangkat komputer di warnet atau tempat kerja. Ada yang tidak di perbolehkan atau tidak menampilkan Network Connection untuk mengetahu IP yang digunakan komputer.

Langkah-langkah Melihat IP Network Connections

  • Klik Star pada Windows dan buka Control Panel
    4 Cara Melihat IP Address Komputer dan Laptop TERLENGKAP4
    Klik Star dan Pilih Control Panel
  • Klik Network and Internet atau Network Connection untuk membuka pengaturan jaringan
    4 Cara Melihat IP Address Komputer dan Laptop TERLENGKAP 5
    Network and Internet
  • Dan buka Network and Sharing Center
    4 Cara Melihat IP Address Komputer dan Laptop TERLENGKAP 6
    Network and Sharing Center
  • Klik kiri pada jaringan yang sedang aktif digunakan seperti gambar di bawah dan Klik Details / Status
    4 Cara Melihat IP Address Komputer dan Laptop TERLENGKAP 7
    Jaringan Aktif
  • Carilah IP Address komputer yang ada di depan IPv4

4. Mencari IP Address Dengan Bantuan Situs

Tidak perlu susah payah mencari tahu berapa IP Address dari perangkat yang sobat gunakan, cara terakhir ini tergolong lebih mudah di bandingkan 3 cara di atas karena sobat cukup menggunakan situs yang tersedia di mesin pencarian. Cara ini bisa digunakan untuk smartphone android, komputer, pc, dan laptop juga ya sobat. Berikut cara melihat IP Address komputer dengan Situs :
  • Buka situs Cek IP Saya
  • IP Address sobat akan langsung tampil seperti gambar di bawah.
    4 Cara Melihat IP Address Komputer dan Laptop TERLENGKAP 2
    Tampilan Situs Cek IP Saya

Demikian postingan mengenai "4 Cara Melihat IP Address Komputer dan Laptop Terlengkap" semoga dapat membantu sobat untuk mencari tahu berapakah IP Public, IP Private dalam satu jaringan maupun jaringan internet.

Artikel Terkait

0Comments

Previous Post Next Post