Review Template Materia X2 Premium Tema Blogger Anti Mainstream

Review Template Materia X2 Premium Tema Blogger Anti Mainstream
Template Materia X2 adalah template yang di desain dan di buat oleh Mas Yasya yang merupakan Admin dan sekaligus Developer Template Materia X. Template Blogger Materia X ini juga memiliki Generasi yang berbeda-beda, dimana Generasi Pertama yang sudah lama di promosikan di sosial media Facebook. Hanya dalam beberapa hari - minggu, Template Materia X ini langsung di lirik oleh salah satu Blogger tanpa berfikir panjang. Karena Blogger tersebut tahu, kalau template yang akan dia beli benar-benar belum ada yang pernah pakai atau bisa di katakan Template Anti Mainstream.
Di setiap Generasi Template Blogger Materia ini, tentu memiliki fitur-fitur yang menarik dan berbeda. tentunya developer Materia X ini akan selalu memaksimalkan pengguna templatenya agar tidak menyentuh atau merubah kode yang ada di template. Mulai dari Pemasangan Widget yang menggunakan Shortcode hingga mengatur tampilan.

Template Blogger Materia X2 (Generasi Kedua)

Review Template Materia X2 Premium Tema Blogger Anti Mainstream 2
Tampilan Template Materia X
Ketika sobat melihat salah satu tampilan template Materia X ini pasti teringat dengan sebuah halaman Milik Google Bukan? Developer dari template Blogger ini memang terinspirasi dari Halaman Bantuan milik Google (Material Design), tampilan yang benar-benar berbeda dari template yang pernah di pakai dan sering di lihat.

Tidak hanya halaman Bantuan Google saja, El Creative Theme juga Merilis Template Google Play. Dimana Template tersebut bisa dikatakan sepenuhnya seperti Playstore untuk tampilannya.

Di generasi pertama (Materia X) mungkin akan terlihat lebih elegant dan simple di bandingkan dengan generasi kedua (Materia X2), sobat bisa memasang dan menambahkan widget berbagai variasi. Mulai dari widget homepage Grid, List dan tampila widget lainnya.

Fitur-Fitur Template Materia X2 Yang Tersedia

Developer Template Materia ini memang benar-benar mengerti, karena tidak semua orang mengerti sejenis bahasa HTML untuk mengatur tampilan Blognya. Maka dari itu, Materia X2 di desain sedimikian rupa untuk membantu Blogger mengatur tampilan melalui menu-menu yang tersedia.

1. Tampilan Grid atau List

Review Template Materia X2 Premium Tema Blogger Anti Mainstream 3
View Grid List
Kriteria Tampilan Post di Homepage setiap Blogger pasti berbeda-beda ya sobat. Ada yang menyukai tampilan Grid dan ada juga yang menyukai tampilan List. Memang di Penjelasan Blog El Creative Theme untuk template Materia X2 ini tidak di jelaskan atau tidak di beritahu, tetapi saya mendapatkan bocoran dari Developernya langsung kalau di Template Materia X2 dapat mengatur tampilan Grid List tanpa susah payah merubah CSS dan menambah kode lainnya. Melainkan terdapat fitur untuk merubah tampilan Grid atau List Post di Homepage.

2. Support Shortcode

Template Materia X2 ini juga sudah Support Shortcode sobat. Shortcode disini berguna untuk mempermudah sobat untuk memasukan kode ketika membuat postingan atau membuat widget, seperti kode embed video hingga membuat widget hanya memasukan beberapa kode saja.

3. Support Post Ads

Fitur Ads (Iklan) ini juga tersedia di template Materia X2 untuk mempermudah pengguna templatenya untuk menampilkan iklan Google Adsense di awal postingan, di tengah dan di akhir artikel tanpa memasukan kode iklan manual di Menu Edit HTML. Melainkan sobat hanya memasukan kode iklan melalui Tata Letak.

Tidak hanya itu, sobat juga bisa menampilkan iklan di bagian sidebar Blog dan Homepage yang juga tersedia di menu Tata Letak.

4. Support Icon SVG

Untuk memaksimalkan kecepatan dan keringan Blog. Template Materia X2 ini sudah terbebas atau tidak menggunakan Fontawesome, yaitu dapat mengurangi pemanggilan CSS External. Penggunaan icon SVG sebagai pengganti fontawesome ini sudah di rekomendasikan oleh Google

5. Support Facebook SDK

Jika sobat Blog sobat menggunakan komentar facebook. Sobat bisa menambahkan kode Facebook SDK untuk mengontrol komentar dan menampilkan , fitur ini tersedia di Menu Tata Letak.

6. Fitur Plugin eCommerce

Review Template Materia X2 Premium Tema Blogger Anti Mainstream 4
Fitur Plugin eCommerce
Di template Blogger Materia X2 ini juga terdapat fitur eCommerce, yaitu sebuah fitur yang mendukung jika postingan terdapat produk yang ingin di jual atau bisa dikatakan Keperluan Online Shop. Mulai dari metode pembayaran, jumlah barang dan hingga total pembelian.

Kelebihan dan Kelemahan Template Materia X2

Meskipun Template Blogger Premium ini berbeda dengan template lainnya secara struktur maupun tampilan. Materia X2 juga memiliki kelebihan dan kelemahan yang menurut saya pribadi patut di pertimbangkan untuk segera membeli Template ini di El Creative Theme.

1.  Valid Rich Result

Review Template Materia X2 Premium Tema Blogger Anti Mainstream 8
Materia X2 Valid Rich Result

2. Valid Schema Structur (Data Struktur)

Review Template Materia X2 Premium Tema Blogger Anti Mainstream 6
Materia x2 Valid Schema Result

3.  Speed GTMetrix

Review Template Materia X2 Premium Tema Blogger Anti Mainstream 7

Score Speed Materia X2 di GTMetrix

Score Speed GTMetrix di gambar adalah belum menggunakan Custom Widget atau Widget tambahan selain dari bawaan template Materia X2 dengan mendapatkan scroe 93/98.

4. Struktur Kode

Untuk sobat yang ingin redesign template dai El Creative Theme, tetapi belum belum terlalu paham bahasa HTML. Mungkin akan mengalami kesulitan, karena menurut saya pribadi struktur kode template Materia X2 ini berbeda tidak hanya dari tampilan nya saja. Tetapi dari stuktur kodenya pun berbeda dan Biasanya saya merasa mudah ketika mendesain ulang template dan tidak merasa kesulitan.


Overall Review Template Materia X2 Premium Blogger

Template ini berharga Rp 350.000 dengan lisensi personal. Sebuah template Blogger Premium Anti mainstream (Ga pasaran). Sudah mendapatkan Dukungan oleh developernya langsung melalui media komunikasi Whatsapp, Telegram dan Facebook, jika Materia X2 terdapat pembaharuan sobat akan mendapatkan gratis selama template tersebut masih tersedia.

Responsive pasti ya sobat, karena di tahun 2019 2020 atau tahun yang akan mendatang. Google akan sangat menyukai blog yang sudah menggunakan template responsive.


Demikian artikel mengenai "Review Template Materia X2 Premium Tema Blogger Anti Mainstream" dari Mas Rinaldo.

Artikel Terkait

0Comments

Previous Post Next Post