Apa Pengertian Dari Seo Friendly dan Bagaimana Penerapannya di Blog

Mengenal Tata Cara Seo Friendly pada Blog dan Website
Assalamualaikum Sobat Blogger? Di artikel kedua ini,Mas Rinaldo akan Memberikan Gambaran tentang Pengertian Dari Seo Friendly yang penerapannya bisa langsung diterapkan Langsung diblog dan artikel kalian. Tentunya kata SEO (Search Engine Optimazation) sudah tidak asing lagi dan pernah mendengarnya atau membacanya walaupun hanya sekilas saja. Dan walaupun hanya sekilas,tentunya kalian ada tanda tanya "Apa Itu Seo?" Kenapa didunia Blogger atau Webmaster selalu jadi perbincangan? kenapa banyak yang ingin Belajar Mengenai Seo Friendly?

Dan Berikut yang saya ketahui sedikit Mengenai Pengertian, Cara Kerja dan Penerapannya untuk Platform Blogspot maupun Wordpress :

1. Pengertian dari Seo Friendly
Sebelum kita membahas cara menerapkannya. Yang pertama kita harus tahu dahulu pengertian dari apa yang akan kita pelajari dan kita terapkan. Pengertian Seo Friendly terdiri dari dua buah kata yang memiliki arti masing masing. Yaitu, Seo atau Singkatan dari Search Engine Optimazation adalah salah satu teknik pemasaran Online atau suatu cara seseorang untuk untuk mengoptimalkan blognya. Sedangkan Friendly sendiri yang berarti Ramah. Dari 2 pengertian diatas kita dapat simpulkan,kalau Seo Friendly bisa artikan Salah satu teknik pemasaran online dengan cara melakukan optimasi pada Blog menjadi lebih baik dimesin pencarian sesuai ketentuan Google atau Mesin pencarian.

Dari pengertian diataspun kita sudah mendapatkan sedikit gambar, Apa Itu Seo bukan? Ya meskipun ada yang beranggapan kalau Seo bukan menjadi faktor utama agar artikel menjadi Page One atau diurutan teratas di mesin pencarian. Dan ada juga yang beranggapan kalau Seo itu adalah faktor utama agar artikel kita berada di Page One di mesin pencarian.

Setiap orang memiliki caranya masing masing agar artikel berada di Page One Google. Dan yuk langsung saja kita lanjut Cara Menerapkan Seo Friendly Tersebut di Blog

2. Pilih Niche atau Tema Blog
Memilih niche atau tema yang kita pahamin dan senangi pada blog kita yang ingin kita bangun. Kenapa kita harus memilih tema blog sesuai apa yang kita pahamai atau kita senangi? Karena dengan begitu,kita bisa memahami artikel apa saja yang akan kita buat dan tentunya kita pun bisa menambah wawasan. Kalau kita memilih Tema Blog yang kita tidak ketahui,karena ingin mengejar penunjung saja. Sedangkan kita hanya bisa memberi informasi saja,tanpa mengetahui apa yang akan kita bagikan.
Dan pastinya rasa semangat kita berkurang seiring waktu,karena kita bosan. "Hah buat artikel apa lagi ini? Yang saya ketik ini apalah maksdunya?" Akhirnya belum apa-apa,kita sudah berhenti membuat artikel.
Tapi kalau kita membuat Blog dengan tema atau topik Blog yang kita ketahui, tentunya selalu ada saja Ide atau judul artikel yang akan kita buat. Pastinya ketika kita Menulis Artikel pun Penuh Semangat 45. Selain itupun,kita mendapatkan Ilmu dan menambah wawasan. Karena kita sudah mengetahui dan memahami apa yang sedang kita ketik atau akan kita buat.
Sekedar Saran dari Mas Rinaldo untuk membuat Blog hanya satu Topik saja, agar Blog kita dikenal dengan Topik tersebut. Ya contohnya : Tentang Teknologi Komputer,Android. Tentang Blogging atau Kesehatan. Kenapa?
Sebagai Contoh,Ketika ada seseorang yang sudah melihat artikel kamu dan langganan menjadi pengunjung setia Blog kita dan ada kawan dia yang sedang mencari sesuatu di Google yang sudah ada di blog kita, Tentunya Si A bisa saja menyarankan untuk membuka Blog kita tadi. Karena semua yang dicari ada semua di Blog kita,tanpa berpindah Blog"

3. Kenyamanan Pengunjung
Yang saya paling penting untuk membuat artikel dan Blog adalah Kenyamanan Pengunjung,mulai dari susunan dan tampilan blog, kecepatan dan sampai kualitas artikel yang kita buat. Saya sendiri pun malas membaca dan membuka kalau penampilan blog atau website yang aneh,karena susunan dan tampilannya pun tidak enak untuk dilihat. Baru saya buka dan melihat tampilannya acak-acak an,pasti saya langsung Close. Belagu sekali mas ini? Ya bukannya belagu atau Sok. Tapi memang kenyataannya begitu,meskipun yang saya cari adalah isi artikelnya. Tetapi ketika saya membaca,pasti saya tetap melihat kiri kanan atas Blog tersebut. Tentunya sayapun menjadi malas untuk melanjutkan membacanya, ditambah lama sekali terbuka Blognya. Yang ada,langsung saya close dan beralih ke blog atau website lain karena tidak terbuka-buka blognya.

Dan kalau Blog kalian tampilannya Rapih,nyaman dilihat,kecepatan terbukanya blog kalian pun cukup cepat. Pasti pengujung Blog kamu pun tidak beralih atau bertahan lama di Blog kamu. Karena Seo Friendly atau Blog dan Website yang baik Menurut Google itu adalah Blog yang tidak hanya harus bagus dimata mesin pencarian, tapi harus bagus juga dimata pengunjung. Ditambah lagi kalau artikel yang kalian buat itu Nyaman dibaca. Dari Pembukaan sampai Penutup artikel kalian itu mudah dipahami. Mulai dari susunan bahasa dan katanya,sampai alur isi artikel kalian. Pasti pengunjung kalian bertahan lama di Blog kalian,karena saya pun begitu. Mau sepanjang apapun artikel blog,kalau nyaman dibaca,tampilan blog nyaman dilihat. Tetap saya baca semua isi artikel itu.

4. Konten atau Artikel Berkaitan
Ini tujuan kenapa kita disarankan membuat Blog dengan satu topik atau tema saja,karena agar artikel yang kita buat dapat berkaitan antara artikel satu dengan artikel lainnya. Agar pengunjung kalian bertahan lebih lama. Karena kalau cara ketiga tadi sudah kalian terapkan,tentunya ketika pengunjung kalian sudah selesai membaca. Dan pengunjung tersebut melihat artikel lainnya yang masih berhubungan dengan yang dibacanya tadi. Pasti Pengunjung tersebut lanjut membaca ke artikelnya lain pada Blog kalian. Jika pengunjung kalian semakin betah di setiap artikel,tentunya ini dapat mengurangi Bounce Rate yang membuat semakin bagus lagi Blog yang kalian buat.

5.Minimal Dan maksimal Artikel Seo
Penerapan Seo Friendly di Blog yang Mas Rinaldo Ketahui adalah mengetahui jumlah kata pada artikel yang kita buat. Setahu saya,jumlah minimal untuk membuat artikel itu adalah 300 kata. Dan Lebih Seo lagi kalau lebih dari 300 kata. Jika jumlah kata pada artikel terlalu pendek,maka nanti di anggap Spam oleh Google. Yang berakibat tidak terindek di Google.

Dan demikian yang saya ketahui tentang "Apa Pengertian Dari Seo Friendly dan Bagaimana Penerapannya di Blog" yang mudah-mudahan bermanfaat untuk kalian. Dan juga kalau ada yang Salah atau kurang. Mohon untuk membantu memperbaiki yang salah dan menambahkan yang kurang pada komentar di bawah. Terima kasih Sobat Mas Rinaldo.

Artikel Terkait

0Comments

Previous Post Next Post