4 Cara Terbenar Copy Paste Artikel Blogger+ Dampak Buruknya

4 Cara Terbaik Copy Paste di Blogspot dan Website
Copy paste itu menurut saya adalah suatu pekerjaan memindahkan data /artikel yang sudah ada,dari suatu tempat ke tempat lainnya. Yang hanya menekan tombol CTRL+C (Copy) lalu memilih tempat untuk menaruhnya kembali dengan cara menekan tombol CTRL+V(Paste).Tentunya itu merupakan Pekerjaan yang mudah,praktis dan cepat bukan? Karena hanya memindahkan data yang sudah ada,tanpa perlu berpikir dan pusing.
Itu kalau kita bekerja di perkantoran,tugas makalah skripsi dan lain-lain.
 
Lalu bagaimana kalau Cara Copy paste atau bisa disebut COPAS tersebut dilakukan didunia Blogger(Blogspot) dan Website?

Bayangkan. Kalau kalian sudah berpikir membuat artikel dan membuatnya pun kalian sudah pusing,kepala mau pecah,kepala botak sampai artikel itu selesai di publish atau posting siap untuk dibaca oleh banyak orang. Dan ketika kalian sudah senang,karena artikel kalian sudah diposting dari hasil karya sendiri atau kesimpulan dari beberapa website atau dari ide lainnya tadi.

Eh ada Blogger atau sebutanya apa kalau penulis website ( Bisa comment dibawah namanya apa,karena saya tidak tahu ) lainnya dengan mudah dan tanpa pusing yang meng copy paste atau copas artikel mentah-mentah kalian tadi. Tentunya kalian merasa marah kesal dan nano-nano lah tentunya.

Setidaknya kalau mau copypaste dari blog atau website lain,bisa melakukan beberapa aturan Copas berikut :

1. Mengedit Ulang
Kalau kalian melakukan copas di artikel blog atau website lain. Jangan copy terus paste dan langsung Publish,setidaknya kalian melakukan mengedit ulang artikel yang kalian copy tadi,merubah kata-kata yang lebih bagus atau mengikuti bahasa kalian dan kalau bisa kalian menambahkan lagi informasi yang kuran dari artikel tadi.

2. Mencantumkan Link Sumber (Source Link)
Hal yang kedua untuk melakukan Copy Paste yang benar adalah mencantumkan Link Sumber atau mencantukan Link artikel yang kalian copy tadi berupa Link aktif. Dan ini merupakan kesalahan yang sudah tidak asing bagi yang artikelnya di copas mentah-mentah. Tidak ada salahnya kan mencantumkan Sumber Link,karena bagus buat blog website kalian agar Lebih Seo dan juga bagus buat sumbernya. Yang berarti saling menguntungkan. Dan cara ini juga merupakan untuk menghargai blog yang kalian copy tadi,agar yang punya blog tadi melaporkan ke Google atau DMCA untuk melakukan Takedown ke blog kalian.

3. Meminta Izin ke Pemilik Blog
Meminta izin adalah cara paling terhormat sebelum melakukan copy paste dari blog lain. Karena cara ini membuat admin atau pemilik blog mengetahui secara langsung kalau artikelnya hendak di copas. Meskipun berujung untuk melakukan mencantumkan link aktif di artikel tersebut. Meminta izin ke admin blog juga bermanfaat menambah kenalan, kawan atau rekan blogger untuk menjalin silahturahmi sesama blogger. Yang bahkan bisa saja kalian diajak bekerja sama didunia blog atau website.
Meskipun kalian sudah melakukan cara kedua yaitu, mencantukan Sumber Link aktif. Kalau admin atau pemilik blog yang sudah Esmosi duluan,tanpa membacanya kalau ada sumber link. Bisa saja langsung melaporkan langsung ke DMCA untuk melakukan Takedown ke blog kalian.

4. Memahami dan Menyimpulkan Artikel Blog
Menjadi blogger itu banyak manfaatnya. Yang diantaranya adalah kita menjadi suka membaca dan menambah pengetahuan. Yups, cara yang keempat ini mungkin Bagi saya tidak termasuk Pelanggaran di dunia Blogging atau tidak termasuk Melakukan Copy Paste. Melainkan cara membuat artikel di Blog, Yaitu kita membaca seluruh isi artikel berulang-ulang sampai kita memahami dan menyimpulkan apa isi artikel tersebut. Dan kalau kalian sudah memahaminya, kalian bisa lanjut membuat artikel sendiri dengan gaya bahasa sendiri,susunan kata kita sendiri untuk menuangkan ilmu atau pelajaran yang sudah kalian pahami tadi. Dan lebih bagus kalau kalian bisa membuat artikel lebih bagus ,seo, rapih dan jelas mudah dipahami dari artikel yang kalian baca sebelumnya.

Seiring waktu. Blog atau Website di seluruh didunia semakin menambah tiap harinya. Tentunya berbagai cara untuk mempermudah membuat artikel yang diantaranya menjadi pembahasan di artikel ini "Cara Terbaik Melakukan Copy Paste (COPAS) artikel di Blogger". Dan yang lebih parah,sekarang sudah ada Tools dan Script untuk Copas artikel secara praktis. Langsung Publish tanpa meminta izin dan tanpa mencantumkan Sumber Link.
Note: Saya membuat artikel ini bukan untuk mengajak atau menganjurkan untuk melakukan copy paste artikel. Karena kalau kita menerapkan cara ini,berarti kita menanamkan Sifat Malas berpikir dan Malas bekerja. Yang membuat kreatifitas kalian mati. Ingatlah "Usaha tidak mengkhianati HASILnya,jika kalian mau BERUSAHA"
Demikian Tips dari Mas Rinaldo Seputar Blogging. Yang mudah-mudahan kalian berhenti melakukan Copas dan membuat artikel hasil karya sendiri yang lebih bermanfaat. Dan Terima kasih sudah berkunjung.

Artikel Terkait

0Comments

Previous Post Next Post