Apa saja Perbedaan dari Blog dan Wesbsite? Berikut Penjelasannya

Mengenal Perbedaan dari Blog dan Website Beserta Penjelasannya ala Mas Rinaldo
Ketika kalian ingin masuk atau terjun di dunia Website dan Blog.Tentunya kalian harus mengetahui dan memahami dulu Apa Saja Perbedaan Blog dengan Website mungkin kalau dilihat sepintas dari tampilannya saja,akan terlihat sama semua. Bahkan banyak yang tidak tahu,kalau yang ada di Mesin Pencarian (Google atau sejenisnya) itu bukanlah Website semua. Melainkan ada Halaman Online yang berbasis Blog.

Sebelum lanjut Perbedaan dan Persamaan Blog dan Website, saya sedikit menjelaskan pengertian dari kedua :
  • BLOG adalah singkatan dari Web Log dengan Pengertiannya yaitu, halaman online atau situs yang berisi pengalaman pribadi,pendapat atau opini pribadi bahkan rutinitas pemilik halaman yang dipublikasikan di mesin pencarian World Wide Web atau WWW.
  • WEBSITE adalah halama online ada di mesin pencarian dan terhubung ke suatu domain yang biasa dikelola individu,organisasi,kelompok,perusahaan dan sampai pemerintah.
Dari dua pengertian diatas,kita mungkin sudah dapat menyimpulkan perbedaan dari Blog dan Website. Hanya saja untuk Blog dengan Platform Blogspot ini lebih mudah,sederhana pengelolaan dan pengerjaanya dibanding Website.
Dan berikut beberapa Perbedaan Antara Blog dan Website :

1. Konten atau Postingan
Dari kontennya pun pasti sudah bisa membedakan,yang mana Blog dan yang mana Website kalau kita sudah memahami pengertian.
  • Blog biasa memuat berbagai konten sesuai keinginan Pemiliknya yang bertemakan diantara Seputar Kesehatan, Teknologi, Entertaimen, Fashion dan sampai Pengalaman atau Rutinitas Pemilik Blog.
  • Sedangkan Wesbite, lebih untuk produk dan layanan tertentu saja. Seperti yang digunakan di perusahaan-perusahaan besar yang diantaranya adalah Website Milik PT.Bank Central Asia ,dimana Website tersebut adalah sebuah pelayanan Online yang diberikan oleh Bank BCA.
Kenapa saya memberi contoh Websitenya adalah milik Bank BCA,karena ketika saya bekerja disuatu perusahaan. Dimana pekerjaan saya berhubungan dengan Website tersebut. Pelayanan dan Penanganannya pun sangat memuaskan.

2. Update Konten
Mengupdate Konten atau Postingan adalah hal yang wajib dan menjadi rutinitas bagi pemiliknya sebagai bentuk pemeliharaan untuk Blog nya,agar tetap bagus dimata mesin pencarian dan pengunjuungnya. Dimana Update Konten ini juga merupakan salah satu teknik Seo untuk meningkatkan pengunjungnya dan agar artikel tetap bertahan diposisi mesin pencarian,yang bahkan bisa meningkatkan posisi dimesin pencarian.
Untuk website adalah kebaliknya dari Blog. Yaitu,Website tidak melakukan update konten secara rutin. Melainkan hanya melakukan update konten Produk atau Pelayanan pada Data dan Informasi yang ingin dirubah.

3. Cara Membangun
Untuk membangun dan membuat Blog tidaklah susah,melainkan cukup sederhana dan mudah. Tidak perlu pintar dalam Bahasa HTML CSS dan lain-lainnya,atau biasa disebut Coding. Karena ketika disuruh membuat Website dan Blog,pasti yang membuat malas dan ditakuti adalah Tidak Mengerti Soal Coding. Membuat Blog dengan Platform Blogspot ini kalian hanya cukup mencari template yang banyak disediakan di Mbah Gugel (Google) dan kalau kalian tidak ingin mencarinya di Google,Blogspot sendiri menyediakan Template Gratis yang langsung disediakan ketika kalian akan ingin membuat Blog. Dan kalian bisa langsung membuat postingan atau artikel yang siap dipublish.
Jauh berbeda dengan membuat Website,dimana kalian diharuskan mengerti Soal Coding atau Bahasa CSS HTML Javascript dan lain-lain. Karena kalau ada masalah pada Website,tentunya memperbaikinya lebih sulit dari Blog.

4. Bahasa Penyampaian
Ketika kalian sedang mencari sesuatu di Google dan membuka suatu situs. Pasti kalian pernah menemukan Cara penyampaiannya seperti Gaya bahasa keseharian kita, Seperti Kamu, Saya,Aku bahkan ada yang menggunakan Lu, Gue yang bahkan lebih sederhana dari itu. Gaya bahasa tersebut bisa kalian temukan pada Blog, agar pembaca tetap nyaman,tidak bosan dan tidak terlalu serius pada saat membacanya. Yang bisa dianggap agar pengunjung Tetap nyaman pada saat membacanya.
Tetapi berbeda dengan Gaya Bahasa pada Website,yang menggunakan Bahasa lebih Baku atau Formal.

5. Interaksi
Pada Blog,kalian bisa berinteraksi dengan pemilik blog bahkan sampai pengunjung lainnya melaui kolom komentar yang biasa disediakan di bawah postingan artikel. Kalian tidak hanya bisa berinteraksi melalui komentar saja,tetapi kalian juga bisa Menyukai dan Membagikan Postingan tersebut.
Lain halnya dengan Website,dimana kalian tidak akan menemukan fitur tersebut. Melainkan biasanya diminta menghubungi langsung melalui E-mail, Telephon dan lain-lainnya.

Bagaimana, Kalian sudah tahu dimana letak bedanya antara Blog dan Website? untuk melanjutkan platform mana yang cocok untuk kalian dan tentunya yang sesuai dengan konten yang akan kalian buat nanti.
Jika kalian ingin membuat konten pengalaman pribadi,tutorial dan teknologi. Kalian lebih mudah menggunakan Blog dengan Platform yang lebih dominan dipakai dan tentunya Gratis, Yaitu Blogspot. Walaupun ada banyak Platform lainnya seperti Wix, Wordpress dan Weebly.
Dan jika kalian ingin membuat untuk Organisasi, lembaga, pemerintah atau Sekolah. Sebaiknya menggunakan Website, yang tentunya kalian harus bisa Coding dan mengerti bahasa seperti CSS HTML dan lain-lain.

Demikian Penjelasan dari saya mengenai "Apa Bedanya Blog dan Website Berikut Penjelasannya" yang mudah-mudahan bisa kalian mengerti. Apabila ada yang kurang dan salah,mohon ditambahkan pada komentar dibawah. Terima kasih.

Artikel Terkait

0Comments

Previous Post Next Post