Sudah Tahu 6 Macam Lisensi Hak Cipta Creative Commons? Yuk Baca

Sudah tahu 6 Macam Lisensi Hak Cipta Creative Commons yuk baca ala masrinaldo.com
Sudah Tahu 6 Macam lisensi Hak Cipta Creative Commons | masrinaldo.com - Pentingnya pengetahuan Hak Cipta di tahun 2019 ini atau pembatasan penggunaan untuk suatu karya perlu sobat ketahui. Pencurian suatu karya di internet merupakan salah satu tindakan kriminal, maka tidak heran jika di internet juga ada suatu lembaga untuk melindungi hak cipta tersebut yang bernama DMCA (Digital Millenium Copyright Act).

Masih pada pokok yang sama, bahwa ada lembaga atau organisasi bernama CC (Creative Commons) yang bergerak untuk memperluaskan suatu karya seseorang yang tersedia untuk orang lain, baik itu dibagikan situs-situs tertentu dan berlegal bertujuan agar dapat digunakan kembali. Karya tersebut mencakup karya digital seperti text,audio,video dan sampai perangkat.

Karya digital yang berada dibawah naungan Lisensi Creative Commons ini akan benar-benar terjaga dan terlindungi dan apabila ada seseorang yang menggunakan karya seseorang sudah Berlisensikan Hak Cipta Creative Commons,aset yang bersangkutan pada karya tersebut bisa mendapatkan Strike Copyright Content dari CC.

Bukan hanya pemilik karya yang tidak suka atau marah, jika karyanya yang sudah dibuat susah payah untuk dipakai pribadi. Tetapi Google juga tidak menyukai hal tersebut, seperti yang sudah tertera di peraturan dan kebijakan Google.

Lisensi hak cipta sendiri terdapat dua kategori, yaitu hak cipta creative commons yang bebas digunakan dan beberapa lisensi tidak dapat digunakan bebas atau harus memiliki izin. Berikut ulasan beberapa jenis lisensi hak cipta tersebut

Macam-macam Lisensi Hak Cipta Creative Commons


1. Jenis Lisensi Creative Commons atau CC By (Attribution)

Suatu karya memiliki lisensi CC By adalah karya yang dapat dirubah atau dimodifikasi, disalin dan mendistribusikan oleh orang lain dengan memberikan sebuah penghargaan untuk pemiliki karya tersebut. (Baca Cara Mencari Gambar Bebas Hak Cipta)

Apreasiasi atau penghargaan tersebu dapat berupa credit link jika karya tersebut berupa tulisan, memberikan credit di akhir video berupa nama pemiliki aslinya bertujuan untuk menghargai atas karyanya yang berlisensi Creative Commons By meskipun sudah dirubah sedemikian rupa dan sudah digunakan kepentingan pribadi maupun kepentingan komersial.

2. Jenis Lisensi Creative Commons atau CC By - ND (Non Derivative)

Karya yang memiliki lisensi CC By Nd adalah suatu karya yang dapat digunakan, disalin, dapat disebar luaskan, didistribusikan oleh orang lain tetapi tidak diperbolehkan untuk merubah dan mengedit karya tersebut dalam bentuk apapun. Meskipun untuk kepentingan komersial,tetap untuk melampirkan credit link.

3. Jenis Lisensi Creative Commons atau CC By NC (Non Commercial)

Untuk jenis lisensi yang ketiga ini adalah sebuah karya yang memiliki lisensi hanya untuk kepentingan komersial saja,baik itu untuk disalin, dirubah atau di modifikasi, didistribusikan tetapi tidak bisa digunakan untuk kepentingan komersial seperti untuk tahap monetisasi dan menjual produk atau berhubungan untuk earning di suatu website seperti youtube.

4. Lisensi CC By SA (Share Alike)

 Konten atau karya memiliki lisensi Share Alike adalah sebuah lisensi atau izin yang diberikan kepada orang lain agar dapat mendistribusikan karyanya dengan menggabungkan beberapa karya menjadi satu,tetapi di dalam karya tersebut tidak ada lisensi atau karya orang lain. Melainkan hanya 1 Lisensi saja.

Sebagai salah satu contoh,seperti video yang ada di youtube. Didalam satu video terdapat beberapa video lainnya dengan sumber lisensi yang berbeda-beda, itu adalah sebuah pelanggaran Lisensi Creative Commmons By Share Alike.

5. Licensi Creative Commons atau CC By NC - SA (Non Commercial - Share ALike)

Lisensi ini adalah perpaduan antara lisensi By NC dengan By SA yang merupakan karya seseorang yang diberikan izin kepada orang lain untuk merubah / memodifikasi, menduplikate karya tersebu dan merubah karya tersebut bukan untuk kepentingan komersial,tidak bisa menggunakan konten atau karya untuk earning atau menjual produk atau mencari uang di internet seperti monetisasi.

Dan lisensi By Sa ini juga harus berada di bawah lisensi atau izin yang sama dengan karya asli,meskipun dapat digunakan bukan untuk kepentingan komersial orang tesebut juga harus melampirkan lisensi pemilik karya aslinya pada konten.

6. Jenis Lisensi CC BY NC SA (Attribution - Non Commercial - Share Alike)

Dan jenis lisensi yang terakhir ini adalah penggabungan dari tiga lisensi dalam satu lisensi Creative Commons. Yaitu sebuah lisensi yang memiliki peraturan yang benar-benar ketat untuk sebuah karya atau kontenn seseorang. Sobat hanya dapat mendownload konten tersebu,tidak bisa merubah atau mengedit ulang konten,bak itu untuk kepentingan komersial maupun non komersial dan ketika sobat membagikan konten tersebut,maka sobat juga harus melampirkan Credit pemiliki lisensi.

Kesimpulan Dari Mas Rinaldo :

Untuk sobat yang menggunakan suatu karya seseorang di internet,baik itu karya berupa text,gambar, audio dan sampai video. Sebaiknya sobat mencari tahu terlebih dahulu apakah karya atau konten tersebut memiliki lisensi atau tidak. Karena bisa saja ketika sobat sudah menggunakan konten tersebut dan sobat terkena pelanggaran berupa hak cipta baik itu dari DMCA atau lembaga lainnya.

Demikian Postingan mengenai "Sudah tahu 6 Maam Lisensi Hak Cipta Creative Commons? Yuk baca" yang mudah-mudahan bermanfaat untuk sobat.

Artikel Terkait

0Comments

Previous Post Next Post